MAU WISATA GUNUNG BROMO? IKUTI TIPS SEDERHANA INI

Penulis : admin

TIPS WISATA GUNUNG BROMO AGAR LIBURAN MENYENANGKAN

Gunung Bromo Menjadi Destinasi Wisata Paling diincar oleh berbagai kalangan. Wisata Gunung Bromo tidak saja menawarkan keindahan panorama pegunungan, tapi juga wisata budaya. Bagi Anda yang ingin berwisata dengan nyaman dan lancar. Anda harus melakukan persiapan dan mengetahui beberapa hal terkait wisata Bromo. 


Supaya lebih jelas berikut ini akan dipaparkan tips wisata ke Bromo serta perlengkapan yang sebaiknya Anda bawa.


Wisata Gunung Bromo menjadi wisata yang banyak digemari. Ada tips yang bisa Anda lakukan ketika akan berwisata ke Bromo, yaitu mempersiapkan transportasi, menentukan lama wisata, datang pada waktu yang tepat, dan lain sebagainya. Anda juga perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan penting, seperti kacamata hitam, masker, jaket, obat-obatan, dan lain sebagainya.


1. Transportasi

Sama dengan wisata pada umumnya. Melakukan Perjalanan menuju Wisata Gunung Bromo membutuhkan persiapan yang matang. Ada baiknya Anda mencari info rute dan transportasi menuju ke Bromo. Cari info harga serta jadwal keberangkatan, lalu tentukan transportasi yang paling memungkinkan. Pesan dan persiapkan transportasi jauh hari sebelum keberangkatan, sehingga Anda tidak terburu-buru dan dapat melakukan perjalanan dengan nyaman.


2. Hindari Hari Libur Panjang

Waktu liburan memang dirasa paling sesuai untuk berwisata, sayangnya pada musim libur panjang tempat wisata akan sangat ramai. Tidak terkecuali Gunung Bromo, pada musim libur panjang Bromo akan penuh dengan wisatawan. Hal ini tentu berpengaruh pada harga penginapan hingga transportasi di Bromo.

Lebih baik Anda mengunjungi Bromo pada saat hari biasa. Liburan pada waktu tersebut akan menghemat biaya wisata Anda serta memaksimalkan pengalaman berwisata Anda. Selain itu, Anda akan lebih bebas menikmati pemandangan tanpa harus berjejal dan berebut dengan orang lain.


3. Datang Saat Bulan Awal Musim Kemarau

Pada dasarnya wisata Gunung Bromo tetap menawan pada setiap musim. Pada musim hujan suasana pegunungan yang menghijau akan sangat terasa, sedangkan pada musim kemarau Gunung Bromo akan cenderung kering dengan hamparan pasir. Meski pada kedua musim tersebut Bromo tetaplah indah namun akan lebih baik Anda datang pada waktu yang paling baik.


Waktu terbaik untuk mengunjungi Bromo adalah di awal musim kemarau. Pada musim ini Bromo masih terlihat hijau segar tapi cuaca akan lebih mendukung di banding waktu musim hujan. Pada awal musim kemarau area Bromo akan dipenuhi rumput dan tumbuhan liar yang menambah keindahan alam. Akan tetapi, semua sepenuhnya merupakan keputusan Anda untuk memilih waktu kunjungan ke Bromo.


4. Lama Wisata

Perencanaan lama kunjungan sangat Anda butuhkan untuk pembuatan anggaran. Anda bisa memilih berwisata di Bromo pada tengah malam untuk melihat mata hari terbit kemudian pulang saat siang hari. Anda yang ingin berlama-lama menikmati wisata di Bromo bisa menginap di sekitaran Bromo. Ada banyak pilihan penginapan dari yang murah hingga mahal. Semuanya bergantung dari lama menginap dan anggaran yang Anda punya.


5. Kendaraan untuk Berwisata

Anda membutuhkan kendaraan seperti jeep jika Anda berencana pergi ke beberapa tempat wisata di sekitar Bromo. Jeep akan sangat efektif digunakan apalagi untuk Anda yang berlibur dalam kelompok. Oleh karena itu, pertimbangkan biaya sewa kendaraan dalam anggaran wisata Anda supaya Anda tidak kelabakan ketika berlibur di Bromo. Anda yang ingin lebih hemat dapat berjalan kaki, namun ini membutuhkan persiapan fisik dan perencanaan waktu yang matang.


PERLENGKAPAN YANG DIPERLUKAN SAAT WISATA DI BROMO


1. Sepatu

Ketika Anda berkunjung ke Bromo di musim hujan atau berencana untuk melakukan aktivitas fisik seperti mendaki atau menjelajah. Anda lebih baik membawa sepatu untuk aktivitas luar ruangan. Area Bromo saat musim hujan biasanya cukup licin. Medan Gunung Bromo juga cukup berpasir. Anda akan lebih bebas dan nyaman untuk beraktivitas ketika memakai sepatu yang nyaman.


2. Kaca Mata Hitam dan Masker

Saat siang hari sinar matahari di Gunung Bromo cukup terik. Pemakaian kacamata hitam akan sangat membantu pandangan Anda ketika siang hari. Kacamata hitam juga akan melindungi mata Anda dari debu yang beterbangan ketika mendaki atau berada di area berpasir. Masker Anda butuhkan untuk menjaga supaya Anda tidak menghirup debu atau bau belerang yang menyengat ketika berada di kawah Bromo. Perlengkapan ini paling wajib terutama bagi Anda yang sensitif terhadap bau dan debu. Kedua perlengkapan tersebut akan membuat wisata Anda terasa nyaman.


3. Jaket

Suhu di sekitar Gunung Bromo cukup dingin. Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk membawa jaket. Pilih ketebalan jaket yang sesuai kebutuhan Anda, jika Anda berencana menggunakan pakaian berlapis Anda bisa memilih jaket yang lebih tipis. Jaket akan sangat berguna terutama ketika Anda ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit, sebab pada waktu-waktu tersebut udara di sekitar Bromo sangatlah dingin.


4.Makanan dan Minuman

Perjalanan dan Wisata Bromo bisa memakan waktu sampai berjam-jam. Anda lebih baik membawa makanan ringan dan minuman. Ini penting karena kegiatan wisata cukup memakan tenaga dan cepat membuat Anda kehilangan energi.


Pilihlah makanan yang mudah dibawa dan bawa minuman air putih. Walaupun di area Bromo banyak penjual tetapi biasanya harga jualannya cukup mahal karena berada di tempat wisata.