CARA MENUJU LABUAN BAJO

Penulis : Rendy Rahman

3 JALUR ARTERNATIF MENUJU LABUAN BAJO

Haduh duh duh!

Masa pandemi gini emang bikin kita ga bebas buat bergerak, terutama kalau mau keluar dari rumah. Tapi jangan salah, justru ini adalah kesempatan terbaik untuk mempersiapkan segalanya mumpung banyak waktu luang saat sedang #dirumahaja.

 

Salah satunya dengan mempersiapkan rencana travelling dengan baik sebelum tiba saatnya untuk berangkat.

Salah satu destinasi terbaik untuk dikunjungi setelah pandemi ini mereda adalah Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo. Kenapa? Karena ini adalah salah satu destinasi yang bisa membawa kamu bertualang ke masa lampau, kini dan nanti.

 

Nah, kalau kamu adalah orang yang punya keinginan untuk pergi ke Taman Nasional Komodo melalui Labuan Bajo ketika nanti sudah bebas untuk jalan-jalan lagi, kami punya info yang sangat pas buat kamu nih. Karena pastinya hal yang perlu dan penting untuk disiapkan pertama adalah transportasi menuju Labuan Bajo.

 

Catat ya!  Ada 3 jalur alternatif  sebagai pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke Labuan Bajo, yaitu menggunakan jalur udara, jalur laut dan jalur darat.

 

[Jalur UDARA]
Merupakan cara tercepat untuk mencapai Labuan Bajo, tapi memang banyak persyaratan yang perlu dipenuhi, salah satunya adalah memiliki sertifikat vaksin. Beberapa maskapai seperti Lion Air, Wings Air, Batik Air, atau Garuda Indonesia memiliki jalur penerbangan Denpasar – Labuan Bajo. Nah, untuk menuju Denpasar kamu bisa cari tiket promo.

 

[Jalur LAUT]
Alternatif transportasi lainnya adalah naik feri yang berangkat dari Benoa (Bali) dengan tujuan Bima dan Labuan Bajo. Atau, jika kita sedang berada di Sulawesi, kita bisa naik feri roro KMP Sangke Palangga dari Bira (190 km dari Makassar) langsung menuju Labuan Bajo. Sayangnya, jadwal keberangkatan kapal hanya sekali dalam seminggu. Perjalanan dengan kapal feri ini bisa memakan waktu lebih dari 1 hari. Kalau dari Surabaya bisa menggunakan Kapal KM. Niki untuk menuju ke Labuan Bajo. Harga Tiket berada di kisaran IDR 425k dan durasi perjalanannya sekitar 28 – 35 Jam.

 

[Jalur DARAT]
Kamu punya banyak waktu luang? Sepertinya jalur darat cocok buat kamu. Dari Jakarta kamu Bisa Menggunakan Bus Tiara Mas yang ada di Terminal Pulo Gebang. Durasi perjalanan sekitar 45 – 50 Jam dan sedangkan jika naik dari Surabaya (Terminal Bungurasih) durasi perjalanannya sekitar 37 – 43 Jam. Atau jika dari wilayah lain, kita bisa menggunakan travel atau bus antar-kota dengan tujuan Bajawa, Ruteng, Ende, hingga Maumere. Yang perlu kamu ingat, Kapal Feri dari Pelabuhan Sape menuju Labuan Bajo beroperasi pagi atau sore hari dan keberangkatannya dapat ditunda sewaktu-waktu bergantung kondisi cuaca. Meski rute ini bisa ditempuh kapan saja, lamanya perjalanan dapat membuat kita lelah.